About Me

bank

Kodim 0721/Blora Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila


Mitra Babinsa, Blora -. Berjalan dengan penuh hikmat, upacara kelahiran Pancasila yang dipimpin langsung oleh Mayor Kav Hyasintus Waleng P. ST, Kasdim Blora, di Halaman apel Markas Komando Distrik Militer 0721/Blora. Sabtu 1 Juni 2019. 

Diikuti Seluruh Anggota jajaran Kodim 0721/ Blora, baik Tamtama, Bintara Para Perwira Staf dan ASN Kodim Blora serta Anggota Subdempom IV/3-1 Blora. Dengan di dukung oleh tim medis dari Rumkitban (Polban) Blora. Dengan Irup Kapten Inf Sugiyono. 

Tanggal 1 Juni merupakan Hari Lahirnya Pancasila yang tentu saja melalui proses yang sangat panjang.


Pancasila yang menjadi Dasar Negara Indonesia, sebelum lahir telah melalui proses perumusan dari kurun waktu 29 Mei 1945 sampai dengan 1 Juni 1945 dimana tiga tokoh nasional yaitu Muhammad Yamin, Mr. Soepomo, dan Ir Soekarno yang tergabung dalam Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) mencoba mengusulkan masukan-masukan tentang dasar negara apabila Bangsa Indonesia telah merdeka dan lepas dari penjajahan.

Gagasan Bung Karno tentang dasar negara yang disampaikan di depan sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 1 Juni 1945 yang diberi nama Pancasila itulah menjadi titik awal bahwa Pancasila diakui Dasar dan Idiologi Negara Indonesia sehingga tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Kelahiran Pancasila.

Dibacakan oleh Kapten Czi Sundiro, keputusan presiden yang intinya perlu di tetapkan keputusan presiden tentang hari lahir pancasila menetapkan 1 juni 1945 sebagai hari lahir pancasila, tanggal 1 Juni meripakan hari libur nasional, pemerintah bersama seluruh komponen bangsa dan masyarakat indonesia memperingati Hari lahir pancasila setiap tanggal 1Juni dan keputusan presiden ini mulai berlaku pada tanggal di tetapkan (1 Juni 2016). (br)

Posting Komentar

0 Komentar